Sosok Rahayu Saraswati Djojohadikusumo yang Disebut-sebut Bakal Jadi Wagub DKI

TEMPO | 24 September 2018 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Nama Rahayu Saraswati Djojohadikusumo atau Sara Djojohadikusumo, keponakan Prabowo, menjadi bahan pembicaraan di internal Partai Gerindra sebagai calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade. "Beberapa nama diwacanakan oleh internal dan DPP. Tapi belum ada pembahasan lagi," ujar Andre saat dihubungi Minggu, 23 September 2018.

Saat ini Rahayu Saraswati Djojohadikusumo menjadi anggota DPR di Komisi VIII yang membidangi urusan agama, sosial, dan  pemberdayaan perempuan. Dia adalah keponakan Prabowo Subianto atau putri Hashim Djojohadikusumo. Andre mengatakan,  selain Sara, nama lain yang jadi bahan pembicaraan untuk calon Wagub DKI, adalah Muhammad Taufik, Ketua Partai Gerindra DKI Jakarta. “Ketua Umum Gerindra belum menentukan sikap soal Wagub DKI,” ujarnya

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo adalah anak kedua Hashim Djojohadikusumo. Kakaknya, Aryo, juga menjadi anggota DPR dari Partai Gerindra. Sara lahir di Jakarta pada  27 Januari 1986 dan menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di International High School, Geneva Switzerland dan Singapura. Saat sekolah di Singapura, dia terpilih dalam audisi sebagai pemeran utama drama. Ini menjadi awal ketertarikannya pada industri perfilman.

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo mengambil kuliah di University Of Virginia, Charloville, Virginia, Amerika Serikat di fakultas classics and drama dan lulus tahun 2005. Lalu mengambil diploma in Screen Acting Postgraduate Level, International School of Screen Acting, London,  pada 2007. Kembali ke Tanah Air, Sarah membintangi film Trilogi Merah Putih yang melambungkan namanya. Film terbarunya adalah Gunung Emas Almayer.

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo kemudian bergabung ke dalam Tunas, organisasi sayap Partai Gerindra. Sara menjabat sebagai kepala bidang pengembangan. Juga terlibat dalam aktivitas melawan human trafficking  lewat wadah Freedom for Indonesia.

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR untuk daerah pemilihan Jawa Tengah IV pada 2014. Dia memperoleh  47.542 suara dan mengantarkannya ke Senayan sebagai anggota DPR dari Gerindra. Kini, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo disebut-sebut di internal partai Gerindra sebagai calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait